Membangun Warnet ADSL Speedy dengan Mikrotik RB750

2 komentar

Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia, diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Rieskstins. John Trully adalah orang Amerika yang berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanik di sekitar tahun 1995. 

Tahun 1996, John dan Arnis mulai me-routing dunia karena visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia. Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang berkecepatan 2Mbps di Molcova, tetangga Latvia.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 – 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang.

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia.

Tujuan utama mereka berdua adalah membangun software untuk routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang, sehingga akhirnya mereka membuat berbagai macam perangkat keras yang berhubungan dengan software yang mereka kembangkan.

Kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk di tahun 2001, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.

Untuk mencoba membangun Warnet ADSL Speedy dengan Mikrotik RB750 sobat blogger dapat mempraktekanya tutorial ini.

Untuk mencoba usaha Warnet RT/RW rumah dengan tutorial ini.

Semoga membantu....,, !!!



2 komentar:

  1. Anonim Says:

    terima kasih dengan cara yg sahabat paparkan membuat saya mengerti bagaimana cara mnyetingnya

  1. blog-lontongkasarung.co.cc/ Says:

    u/ detailnya langsung gabung ke http://www.mikrotik.co.id/

Posting Komentar

2010 http://www.lontongkasarung.blogspot.com/ | Themes by raycreationsindia | Blogger Template by Blogger Template Place | supported by Blogger Tools