Produk PC hardware china bisa mengancam keamanan negara?

0 komentar

Isu kecurigaan bahwa china mempunyai teknologi menguping yang dimasukan dalam produk export peralatan komputer telah sering di dengar bertahun-tahun. Tetapi dengan ada nya serangan mata-mata baru-baru ini yang terjadi pada Google dan perusahaan-perusahaan Internet lain, dikaitkan keterlibatannya negara cina,  telah menghidupkan kembali keprihatinan  adanya kecurigaan china telah memata-matai hardware komputer yang di produksi nya.

Bisa anda bayangkan produk produk buatan Cina seperti USB memori stick, komputer, hard drive, dan kamera mempunyai software  dimana kompiler untuk membuat software tersebut misalnya assembler, loader atau bahkan hardware microcode telah di suntikan program backdoor yang kemudian digunakan untuk menguping data – data yang ada didalam produk buatan cina tersebut tanpa di ketahui siapapun. 

Karena semakin rendah level kompiler,  akan lebih sulit untuk mendeteksi program penyusup apalagi bila terinstal dengan baik dan terfokus akan menjadi hampir mustahil untuk mendeteksinya.

Nah sekarang bagaimana dengan negara indonesia? produk-produk buatan cina yang mungkin telah dipakai oleh pemerintah..  mungkin ini cuman semacam paranoia amerika saja atau suatu kemungkinan yang bisa saja terjadi..

0 komentar:

Posting Komentar

2010 http://www.lontongkasarung.blogspot.com/ | Themes by raycreationsindia | Blogger Template by Blogger Template Place | supported by Blogger Tools